Jumat, 25 Mei 2012

Soal braille

http://images.harianjogja.com/2012/05/braille-dtinterpreting.com_-370x245.jpg
Soal braille (dtinterpreting.com)
BANTUL—Dinas Pendidikan Dasar Bantul berharap hak dan kebutuhan siswa difabel bisa dipenuhi dalam pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) Sekolah Dasar.
Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Juwair mengatakan, pelaksanaan UAN SMP dan SMA sempat menuai masalah karena kurang memfasilitasi para siswa difabel.
“Siswa berkebutuhan khusus ini merupakan tanggung jawab Provinsi. Untuk itu, kami harap bisa difasilitasi untuk peserta difabel UAN SD,” ujarnya, Jumat (4/5).
Juwair mengatakan, dari evaluasi pelaksanaan UAN SMP dan UAN SMA beberapa waktu lalu, siswa berkebutuhan khusus tidak mendapat fasilitas memadai seperti soal ujian yang tidak bisa diperbesar dan tidak dibuat dalam versi braille.
Ia menambahkan, kesulitan bagi siswa yang memiliki keterbatasan penglihatan terutama jika menemui soal bergambar yang tidak bisa divisualisasikan oleh petugas pembaca soal.(ali)

My Opinion :
About braile.
My opinion, better implementation of national final exams are not focused on visually impaired student. Provincial governments should facilitate the matter of that question into a Braille version, making it easier for student to answer.
That every student should be accompanied by an officer so that students do not read too along to read about and to answer because the question is difficult to draw students to think speculate or draw. In addition, the curriculum standards were different.Government should also facilitate schools, schools located in  remote areas of the curriculum in order to achieve the standard of education, which did not different either in schools have the same right.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar